FF @NBC_IPB

FALL IN LOVE WITH KUNTILANAK



          Hai. Nama gue, Reno. Nama panjang gue? Nggak usah disebutin. Kenapa? Nanti lo pada minggat. Tapi, kalau kepo beneran sih, oke deh. Nama panjang gue Reno bin Kuncoro. Gue lelaki seutuhnya dan sepenuhnya. Kalau orang gaul sekarang ngomongnya cowok straight alias bukan gay. Muka gue lumayan, kalau kalian mau tau. Tinggi gue semampai, kulit gue kinclong laksana kusen rumah gue, dan daya tarik gue yang paling tinggi adalah hidung bangir gue. Yah, walaupun banyak orang bilang, hidung gue keterlaluan bangirnya karena burung gereja sering numpang istirahat di hidung gue, tapi setidaknya hidung gue nggak datar kayak tv tetangga.
            Rumah gue 5 langkah dari rumah si penyanyi dangdut kompleks perumahan gue, Oot Permanasari. Si Oot ini obsesi keterlaluan sama dangdut Indonesia. Nggak hanya dia, seluruh keluarga besarnya punya nama yang 11-12 sama penyanyi dangdut dari jaman monyet berevolusi jadi manusia. Tapi, sayang, suara Oot nggak pernah diterima pencari bakat dangdut di Indonesia. Yah, harus gue akuin sih. Suaranya pernah bikin kaca jendela rumahnya sendiri pecah dan burung-burung gereja yang biasa nangkring di hidung gue kabur tanpa sebab. Entah karena suara si Oot, suara pecahan kaca, atau hidung gue baunya udah nggak nahan.
            Seperti saat ini. Oot sedang asyik masak di dapur rumahnya yang nggak berjendela. Oh iya, informasi aja sih, Oot sampai sekarang masih perawan. Enggak. Bukannya gue naksir dia. Level gue tinggi, lho. Gue cuma bilang aja, Oot ini belom nikah sampai sekarang. Padahal, denger-denger sih, umurnya udah masuk kepala 3. Kasian, ya? Padahal dia baik banget, lho. Kalau gue minta makanan pasti dikasih. Yah, walaupun setiap dikasih, pasti gue disuruh jongkok dulu. Abis itu, baru deh dia ngasih makanan ke gue pake mangkuk yang keciiill banget. Berasa kucing sih, kadang-kadang.
            “Mpok Oott!!” panggil gue begitu dia mulai menuang masakannya ke piring
            “Hoy, Reno!” balasnya sembari mengangkat tangannya tinggi-tinggi
            “Masak apaan, Mpok?” Tanya gue saat tiba di depan jendela yang nggak ada kacanya
           “Telor pedes nih, Ren. Pasti mau nyicip, ye?” Jawabnya sesaat setelah menjawil sambal yang luber ke luar piring dan memasukkannya ke mulut
         “Telor balado kali, Mpok.” Aku ikut mengendus baunya dan nyengir lebar, “boleh nyicip dikit ye? Laper banget nih.”
          “Boleh dong. Jongkok gih, bentar gue ambilin dulu mangkoknya.” Oot kemudian berlalu dengan alasan akan mengambil mangkuk
            Bener kan yang gue bilang? Yah, demi sarapan gratis, gue rela deh jongkok kayak kucing. Mungkin gue harus narik kata gue lagi soal Oot itu wanita yang baik hati.
            “Nih,” Oot tiba-tiba datang dan menyodorkan mangkuk yang penuh nasi putih beserta telur balado 2 biji.
            “Makasih banyak, Mpok.” Gue menerima mangkuk itu dan mulai makan dengan lahap
        Belum ada lima menit gue makan, tiba-tiba muncul suara tapak kaki dari arah pintu dapur. Gue ngangkat kepala, dan…masya allah! Apaan tuh??!
          Astaghfirullah, Mpokk! Mpok Oott!! Tolongin gueee!!” gue teriak sejadi-jadinya saat ngeliat sosok berbaju putih dan rambut hitam legam seperti tirai yang menutupi sebagian wajahnya. Kulitnya putih bersih tetapi nggak pucat. Tapi tetep aja gue takut.
        “Mpok Oott! Astagaa! Ampun, ampun. Gue nggak ganggu. Ampunn…” gue berlutut di lantai semen dapur Oot sembari mengucapkan ayat kursi dengan nada gemetar. Gue mulai berpikir yang aneh-aneh. Kalo gue mati sekarang,nanti gimana? Gue juga belom pacaran. Gue masih kuliah. Gue belom bikin surat wasiat. Gue mau nikah dulu. Gue—
            “Kamu kenapa?”
            “Aaaaarghhhh!!! Nggakkk!!” gue teriak ketakutan saat ngeliat tangan putih terulur di depan mata gue dengan darah segar di ujung telunjuknya
            “Kamu kenapa, sih?” Tanya sosok itu lagi. Dan lagi-lagi, gue teriak kenceng sembari melolongkan nama Oot
            “Aku manusia.”
            “Setan itu suka boong! Mana gue tau elo manusia apa setan! Pergiiii! Gue nggak gangguuu!”
            Tangan berlumur darah itu tiba-tiba menampar pipi gue keras. Gue bengong dan akhirnya pandangan gue berubah jernih. Matanya yang tidak tertutupi rambut tampak jernih dan indah. Bulat dan besar seakan narik gue masuk ke dalamnya. Belom pernah gue liat mata secakep ini. Tapi…tunggu. Tadi dia nampar gue,kan?
            “Elo beneran manusia, ya?” Tanya gue sesaat setelah mulai sadar
            “Ya iyalah. Kamu kira aku apa? Setan?” tanyanya balik
            “Iya. Rambut sama penampilan lo kek kuntilanak gitu.”
            Ia tertawa. “Namaku emang Kunti, tapi bukan kuntilanak. Namaku Kunti Saraswati”
            “Terus? Tangan lo??” gue menunjuk tangannya dengan gemetar
          “Ini? Ini mah sambal balado yang tadi dimasak Mpok.” Ia memasukkan tangannya kedalam mulut, mengulumnya sebentar, dan dikeluarkan lagi. Seketika, darah itu hilang.
            “Jadi itu sambel?? Bukan darah??” gue berseru
            “Iya.”
        Seketika gue selonjoran bebas di lantai semen dapur. Sialan. Pagi-pagi gue udah dikejutin sama kuntilanak bermata indah. Ternyata, dia bukan setan sama sekali. Asli manusia dengan nama Kunti.
            “Jadi? Lo ngapain di sini?”
            “Aku sepupu jauhnya Mpok Oot dan lagi liburan di sini.”
         Gue manggut-manggut. “Gue Reno. Tetangganya Mpok.” Gue ngulurin tangan sambil ngusahain senyum manis
            Kunti tersenyum dibalik rambut tirainya
            “Kalo kapan-kapan gue mampir lagi kesini, boleh kan?”
            “Boleh. Ini ‘kan rumah Mpok bukan rumah aku.”
            Aku nyengir bego. Sadar kalau pertanyaan barusan tolol banget. ”Oh,iya. Lupa.”
            Kami berdua terdiam. Gue lanjut makan sambil sesekali ngeliatin Kunti. Makin lama diliat, dia makin cantik. Rambutnya walaupun nyeremin, tapi ternyata kalau diperhatiin, indah banget. Lho, kok gue jadi puitis gini?
            “Mpok Oot mana?” Tanya gue sembari nyuap nasi ke dalam mulut
            “Ke luar sebentar.” Jawab Kunti
            “Lo… punya pacar, Nti?”
            Kunti nengok dan senyum sambil miringin kepalanya. “Belum. Kenapa?”
            “Eng-enggak…” gue lanjut nyuap nasi dengan gugup. Sialan. Kenapa gue jadi begini?
            “Kenapa rambut lo gitu, sih?”
            “Nggak apa-apa. Aku suka horror aja.  Aku juga suka kuntilanak.”
            Glek. Apa? Dia suka kuntilanak? Buset…
         “Aku cuma bercanda, Renn,” Kunti tertawa terbahak-bahak dan rambutnya bergoyang seiring tawanya
            Gue bengong ngeliatin dia. Antara masih ngeproses kata-katanya dan terpukau sama kecantikannya. Akhirnya gue cuma nyengir nggak jelas.
            “Gue balik dulu,ya. Bilang makasih sama Mpok buat makanannya.” Gue taruh mangkuk yang isinya sudah tandas dan tersenyum pada Kunti. “Bye, Nti. Kapan-kapan ketemu lagi.”
            “Oke. Sampai nanti, Reno.” Kunti balas tersenyum dibalik rambut tirainya
             Gue segera pergi ke rumah gue yang cuma beda 5 langkah itu. Buru-buru ke kamar, tiduran di ranjang, dan ngedekap bantal guling sambil mikirin Kunti. Oh yeah. Kayaknya gue beneran jatuh cinta nih
.
***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal nama UTHE

For you, Je

Is It End?