Tired.

Jam setengah sepuluh malam dan saya belum mengantuk sama sekali. Padahal besok ada ujian praktek.

Hai!
Sumpah ini akan jadi post paling random dan paling berantakan yang pernah ada kali ya. Karna sekarang gue mau ngeluh. Mau ngeluarin uneg-uneg yang bikin gue bete seharian ini.

'Gue mau nikah aja" atau "Gue mau mati aja"  adalah dua kalimat yang sering banget gue ucapin sejak masuk SMA ini. Entah karna pergaulan atau kalimat itu enteng banget buat dikeluarin atau emang benar itu adanya.
Intinya, gue capek sama sekolah dan tetek bengeknya.

Nggak, gue bukan capek sama temen-temen gue. Jujur aja, gue sayang banget sama temen-temen SMA gue ini. Gue capek sama sistemnya. Gue capek harus menjalani tahun terakhir di SMA dengan menteri pendidikan baru yang seenak jidatnya jadiin kita kelinci percobaan 'lagi'. Gue kira tahun di atas gue (98 lines) adalah angkatan paling kelinci yang pernah ada. Dari jaman gue SMP, yang jadi bahan percobaan selalu angkatan di atas gue persis. Tapi kenapa tahun ini kita dijadiin kelinci juga? Udah gitu parah banget lagi yaTuhan.

Jujur, terakhir gue nangis di sekolah gara-gara pelajaran adalah kelas 8 di Lab Komputer sesaat setelah gue menerima hasil ulangan fisika dan belajar cermin/maya/semu apalah itu gue lupa. Gue tiba-tiba nangis dan ngadu ke mas mantan 28 kalo gue bener-bener benci fisika dan segoblok itu fisika. Dia cuma bisa ngusap-ngusap kepala gue. Dan, unfortunately, hari ini, gue nangis lagi. Setelah 4 tahun, gue merasakan sedih luar biasa karena sekolah. Sehabis Pak Badrun ngumumin semuanya, jadwal uprak yang baru dikasih h-seminggu (SEMINGGU GILA. PADAHAL TUGAS LG BANYAK2NYA DAN GURU LG GABUT2NYA CM BISA NGASIH TUGAS TRUS TEWAS), jadwal simulasi UNBK yang super goblok dan mengharuskan gue menitipkan laptop (LAPTOP WOI TOLONG. DISINI HIDUP GUE SEMUA.) di sekolah untuk kurun waktu yang tidak bisa ditentukan besera earphone dan mouse (EARPHONE BUAT APA COBA TAI LAH. EMG EARPHONE MAO LU SETTING HAH? KAGA ADA EARPHONE MATI GUE YAALLAH MAU NANGIS LG), jadwal Try Out yang menurut gue kurang ajar karna cuma jelang seminggu dari uprak, DAN YG PALING BIKIN MARAH, DALAM SEBULAN INI, GUE UDAH HARUS MENGHADAPI DUA UJIAN PENENTUAN KELULUSAN YG MENGUJIKAN 14 MATA PELAJARAN DAN SETENGAH DIANTARANYA ADALAH UJIAN GAK PENTING BANGET DAN ADA ESSAYNYA!!!!!!! Bayangin ya teman-temanku, kami kelas 12, akan mengikuti US dan USBN dalam 1 hari yang sama. Untuk USBN semuanya ada uraian, dan untuk US gangerti dah gimana pokoknya yang diujikan itu antara lain (Prakarya: BUAT APA COBA?! GURUNYA AJA DATENG KE KELAS CM BUAT MAKAN GRATIS, Seni Budaya: gue suka seni tp gak dibuat ujian sekolah juga dong astaga......, Olahraga: INI LG ASTAGA BUAT APA COBA?!! OLAHRAGA YA PRAKTEK BUKAN TEORI APALAGI JD SYARAT KELULUSAN ELAH TOLOL APA GMNSI INI?! Bahasa Jerman: Mari kita mati bersama-sama. Terimakasih Frau Lina tersayang. Baindo: Lu ae baru berani ngasih gue nilai bagus semester 5 pak, padahal tu film udah hasl keringet selama 3 bulan cuma dihargai 85. Udah mau uprak drama juga malah ngasih tugas bikin karyatulis elah. Baing: no comment, karna aku suka gurunya. Dan terakhir, sejarah minat: lambaikan tangan ke kamera, kutak sanggup lagi.)Dan untuk USBN, itu sama aja kayak ngerjain soal UN 3 mapel pemintan pake essat ditambah agama, pkn dan sejarah wajib pake essay juga like wtf?! Mendingan balik ke UN 6 mapel drpd udh UN 4 mapel tp ada lagi USBN sialan. Bukannya mengurangi beban malah menambah. Gangerti lg otak sm hatinya menteri pendidikan dimana.

Gini loh, maksud gue, para petinggi negara itu gampang aja bikin kebijakan seenak pemikiran mereka. Tapi yang mengikuti, yang menjalankan kan kita, pelajar. Masa depan kita dijadiin taruhan atas coba-cobanya mereka. Emang menteri pendidikan dan petinggi-petinggi negara waktu jaman SMA sepinter apa sih? Gimana caranya mau mencerdaskan bangsa coba kalo gini caranya?

Dalam 4 bulan ini, gue akan belajar terus-terusan setiap hari kayak robot. Dan gue belum siap buat kayak gitu. Bener-bener belom siap jadi budak sistem pendidikan 2017 ini. Makanya gue nangis.
Tapi sekarang, selagi gue nulis ini, gue mikir, gaada gunanya juga gue nangis. Toh para ilmuwan pendidikan yang lagi coba-coba itu gabakal liat dan mau peduli sama masa depan gue yang lagi dipertaruhkan ini.

Jadi, ya, inti dari tulisan ini sebenernya gaada. Gue cuma mau ngeluh karna gue bingung mau ngeluh ke siapa. Emak gue lagi sibuk ngurusin kakak gue yang gak kelar-kelar depresinya dan duit yang ngalir terus, ayah gue sibuk ngurusin rumah yang gak kelar2 direnov. Mau ngadu ke temen-temen gue juga lebih ga mungkin. Jadi gue cuma bisa ngadu ke sini sebagai diary bisu gue.

Dah itu aja sih.
gausah dibaca ya, ga bikin lo masuk PTN dan jadi menteri pendidikan atau presiden kok.

- Salah satu pelajar SMA di Jakarta yang sudah sekarat. -

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Asal nama UTHE

For you, Je

Is It End?